Ask not what your country can do for you –ask what you can do for your country.” –John F. Kennedy

Kutipan ini seringkali disebut-sebut dan membuat kita bertanya kepada diri kita sendiri, “Hmm… Apa ya?” Sepertinya, saat kita berbicara soal kontribusi terhadap masyarakat, kita selalu membayangkan hal-hal yang besar dan patriotis. Gambaran akan tentara mendapatkan medali kehormatan mungkin terlintas di pikiran kita, atau pemuda-pemuda hebat yang mengharumkan nama bangsa di berbagai ajang internasional. Kita selalu membayangkan ‘juara.’

Namun, tidak semua pahlawan itu berlarian memakai jubah seperti superhero, kok! Sebaliknya, kebanyakan dari mereka hidup dan bekerja di sekitar kita. Mereka mendedikasikan waktu dan tenaga mereka untuk isu-isu yang sangat berarti bagi mereka secara sukarela. Para relawan inilah yang menunjukkan bahwa berkontribusi terhadap bangsa tidak harus dalam skala besar; kadang kita hanya harus kembali ke ‘akar’ kita dan berbagi apa yang telah kita dapatkan di dunia luar sana.

Mungkin beberapa dari kita akan merasa, “Aku belum punya banyak pengalaman. Apa yang bisa aku bagikan sebagai seorang relawan?” Jangan khawatir! Kita tidak perlu menjadi ahli dalam bidang tertentu untuk bisa menjadi relawan. Yang terpenting adalah kita punya niat dan kemauan yang kuat untuk berbagi. Ada banyak sekali hal-hal di sekitar kita yang kita anggap sudah biasa; mungkin mengakses artikel ini dari smartphone atau komputer bisa kita lakukan dalam keadaan setengah tertidur. Tapi, bagi orang-orang tertentu, Internet atau bahkan kemampuan membaca saja merupakan hal yang istimewa. Dengan menjadi relawan, kita bisa berbagi kesempatan kepada orang-orang yang membutuhkan untuk belajar dan mengembangkan diri. Hal itu mungkin tidak terlihat besar, tapi bayangkan bagaimana kesempatan sederhana itu bisa mengubah hidup mereka!

Memang, salah satu bagian penting dari menjadi relawan adalah memberikan kesempatan belajar bagi orang-orang yang membutuhkan. Tetapi, tanpa kita sadari kita juga bisa belajar banyak sekali dari mereka! Dengan berbincang-bincang dan menghabiskan waktu bersama mereka, kita bisa menumbuhkan kesadaran akan keadaan yang ada di luar zona nyaman kita; dari tantangan yang mereka hadapi, hingga kegiatan-kegiatan seru dan unik yang mereka lakukan sehari-hari! Pertukaran wawasan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan diri kita, karena kita bisa melihat dunia dengan cara pandang yang lebih luas dan kritis. Jika sudah memiliki perspektif yang kritis, kita tentunya bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi, ‘kan?

Berbagi pengetahuan dan kesempatan dengan orang-orang yang membutuhkan adalah pengalaman yang begitu luar biasa, karena ilmu yang kita berikan dan dapatkan selama kegiatan itu tak ternilai harganya. Mungkin memang terlihat sederhana, tapi dengan menjadi relawan, kita bisa berkontribusi dalam mengembangkan berbagai sisi dari masyarakat kita. Tunggu apa lagi? Ayo tantang dirimu sendiri dan teman-temanmu untuk membuat perubahan yang lebih baik dengan menjadi relawan sekarang juga!