Spanyol adalah negara yang keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Datarannya dihiasi dengan berbagai bangunan cantik yang penuh dengan ceritanya tersendiri, seperti istana Renaisans El Escorial Madrid dan menara Gotik Torres de Quart di Valencia. Setiap sudut kota-kotanya penuh dengan warna dan karakter dari arsitekturnya yang tidak tertandingi.

Selain dari pemandangan urban-nya yang luar biasa, Spanyol juga terkenal dengan masyarakatnya yang penuh semangat. Gairah mereka dituangkan ke dalam segala hal yang mereka cintai –mulai dari sepak bola mereka yang terkenal di kancah internasional, berbagai disiplin seni yang menjadi bagian besar kehidupan mereka, hingga hidangan lokal mereka yang amat lezat. Keanekaragaman sejarah dan latar belakang masyarakatnya membuat segala aspek budayanya menjadi sangat kaya.

Hayo tebak, ini tarian apa? Photo credit: Sydney Rae via Unsplash.

Namun, sebagaimana yang terjadi dalam negara dengan populasi beragam, ada kelompok tertentu yang sayangnya kurang diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah penduduk Muslim, imigran, atau wanita difabel. Akibatnya, mereka banyak kehilangan mendapatkan kesempatan untuk hidup yang layak. Jika kamu ingin membuat perubahan yang nyata bagi mereka dengan terjun langsung ke lapangan, program ini cocok sekali untuk kamu!

Memang apa saja sih yang akan kita kerjakan di dalam program ini? Sebagai relawan, kamu akan bekerja sama dengan sebuah organisasi nirlaba yang fokus kepada bimbingan, mediasi, dan pelatihan terkait kegiatan sosial. Di sini, kamu bisa juga merancang dan melaksanakan berbagai aktivitas sukarela untuk memperkuat tali persahabatan antara berbagai kelompok masyarakat. Kontribusimu bisa membantu memperkaya pluralisme mereka yang didasari oleh rasa hormat dan mengerti satu sama lain.

Selain dari kegiatan-kegiatan seru ini, ada banyak sekali manfaatnya bagimu! Kalau kamu punya latar belakang dalam bidang sosial atau kesejahteraan masyarakat, inilah saatnya kamu memanfaatkan ilmu pengetahuanmu. Dalam lingkungan yang jauh berbeda dengan daerah asalmu, program ini bisa memperluas wawasanmu akan penanganan masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat multibudaya seperti Spanyol. Pengalaman ini pasti akan jadi pembelajaran yang berharga tidak hanya bagi dirimu sendiri, tapi untuk komunitasmu sendiri saat kamu kembali!

Lihat sisi lain dari Spanyol dengan menjadi relawan! Photo credit: Adrian Dascal via Unsplash.

Sebagian dari kalian mungkin tertarik, namun juga deg-degan karena tidak memiliki banyak pengalaman dalam bidang sosial. Jangan khawatir! Kami percaya bahwa kamu tetap bisa memberikan kontribusi yang berarti, serta mengembangkan diri melalui pengalaman yang kamu dapatkan. Dengan bekal pikiran yang terbuka dan semangat membantu yang tinggi, kamu pun bisa menjadi agen perubahan menuju masa depan yang lebih baik.

Kamu bisa menjadi relawan program ini di Madrid, ibukota Spanyol yang penuh sejarah, atau Valencia, kota futuristik di tepi pantai yang terkenal dengan dunia seni dan ilmu pengetahuannya. Program ini berlangsung selama satu bulan, seharga IDR 58 juta. Biaya ini sudah termasuk biaya penerbangan pulang-pergi, asuransi perjalanan, akomodasi beserta makan, bahan pelatihan, sertifikat Global Competence, bantuan selama program, orientasi pra- dan pasca-program, serta uang saku bulanan sebesar USD 300.

Tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu segera ke [email protected] dan buatlah perubahan demi masa depan masyarakat plural yang setara dan inklusif!