Latar Belakang Program SDG PIPE 2019
Dengan segala kekayaan dan sumber daya alamnya, masyarakat Indonesia masih dihadapi dengan berbagai masalah yang menghambat perkembangan mereka; mulai dari pendidikan, kesehatan, lingkungan, kesejahteraan, dan lain sebagainya. Dalam kondisi seperti ini, diperlukan pemuda-pemuda yang memiliki pemahaman yang baik terhadap komunitas mereka, kemampuan mengatasi masalah yang inovatif, dan semangat yang tinggi untuk menggerakkan perubahan. Namun, untuk mencetak pemuda-pemuda inspiratif tersebut, diperlukan kesempatan dan program pengembangan kapasitas yang tepat guna.

SDG PIPE adalah program untuk mengidentifikasi dan mendorong potensi pemuda penggerak perubahan di Indonesia, agar mereka dapat merealisasikan inovasi mereka dan menciptakan dampak sosial yang positif di masyarakat mereka. Program ini dirancang sebagai wadah bagi pemuda calon penggerak perubahan Indonesia untuk menciptakan, berinovasi, dan berkontribusi terhadap pemecahan masalah-masalah sosial yang termasuk dalam 16 Sustainable Development Goals oleh PBB.

Program SDG PIPE dicetuskan oleh Go Global Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang memiliki visi untuk mengembangkan masyarakat penggerak perubahan melalui pembelajaran antarbudaya, agar pemuda Indonesia dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman untuk menjadi individu berwawasan luas dan sensitif terhadap budaya. Go Global Indonesia merupakan divisi 18+ dari Bina Antarbudaya, satu-satunya cabang AFS International di Indonesia. Dalam pembentukan program ini, Go Global Indonesia bekerja sama dengan Campaign dan PIRAC.

Tujuan Program SDG PIPE 2019
Tujuan utama dari SDG PIPE adalah memberikan sarana bagi calon penggerak perubahan di seluruh Indonesia untuk mengembangkan inovasi sosial mereka yang akan memberikan kontribusi yang berarti terhadap komunitas yang terkait.

Adapun objektif yang perlu dicapai dalam program ini, antara lain:

  • Mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan budaya berinovasi, menghasilkan ide unik untuk memecahkan masalah, dan memiliki kepercayaan diri untuk memberikan solusi.
  • Menyadari potensi pemuda Indonesia sebagai penggerak perubahan dan mendorong munculnya lebih banyak lagi inovator muda di Indonesia.
  • Menciptakan dan mendukung atmosfer inovasi.
  • Mendukung perkembangan pemuda Indonesia menuju peran mereka sebagai penggerak perubahan dan pengusaha sosial.
  • Melaksanakan pengembangan kepemimpinan, keberagaman berpikir, kreativitas, komunikasi wirausaha, serta refleksi diri.

Panitia Program SDG PIPE 2019
Panitia terdiri dari 1 orang project officer, 1 orang sekretaris dan bendahara, 1 koordinator program, 2 koordinator logistik dan LO bertanggung jawab untuk membantu konsorsium melaksanakan program di lapangan di bawah pengawasan dari Konsorsium, antara lain terdiri dari:

  1. Melakukan meeting koordinasi bersama konsorsium untuk memastikan pelaksanaan program berjalan lancar dan terkoordinasi
  2. Menjalankan tugas-tugas lapangan terkait pelaksanaan SDGPIPE yang meliputi tahapan-tahapan acara yaitu pengumpulan proposal, seleksi tahap 1, 2 dan 3, pengumuman pemenang, internasional field training, dan masa inkubasi program.
  3. Menjadi penghubung antara peserta dan konsorsium (participant relations)
  4. Mengumpulkan bahan serta data yang diperlukan untuk laporan kegiatan kepada donatur (tulisan, foto, dan video)
  5. Dokumentasi kegiatan

Berikut persyaratan untuk pendaftaran panitia relawan:

  • Memiliki minat dalam hal inovasi dan perubahan sosial
  • Berusia antara 20 – 25 tahun
  • Berdomisili di Jakarta dan sekitarnya
  • Aktif berorganisasi
  • Berkomitmen, dapat bekerja dalam tim, dan berinisiatif
  • Bersedia untuk mengalokasikan waktu rata-rata sekitar 2 – 3 jam dalam seminggu selama periode program

Jadwal Kegiatan SDG PIPE 2019
Program SDG PIPE merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rentang waktu 6 bulan, yaitu:

1. Masa pendaftaran:
SDG PIPE membuka pendaftaran bagi pemuda inspiratif di seluruh Indonesia dengan program sosial yang bertujuan untuk memajukan salah satu (atau lebih) dari 16 Sustainable Development Goals di komunitas mereka. Masa pendaftaran diselenggarakan pada tanggal 1-31 Agustus 2019.

2. Seleksi proposal:
Proposal yang telah diterima kemudian diseleksi oleh Konsorsium SDG PIPE untuk pemilihan 20 finalis pada tanggal 1-14 September 2019.

3. Presentasi finalis:
20 finalis yang terpilih akan berkumpul di Jakarta pada tanggal 16-18 September 2019 dan mempresentasikan inovasi sosial mereka di depan panel juri dan calon investor.

4. Program inkubasi:
Finalis akan menjalani serangkaian pelatihan dan lokakarya selama tanggal 25-27 Oktober 2019 yang berhubungan dengan pengelolaan organisasi nirlaba, agar inovasi mereka dapat memberikan kontribusi yang maksimal.

5. Acara Penghargaan:
Konsorsium akan memilih 10 orang pemenang yang akan menerima bantuan dana dan pelatihan lebih mendalam untuk mengembangkan inovasi sosial mereka pada tanggal 28 Oktober 2019.

6. International Field Training
Pemenang akan mengikuti International Field Training di Spanyol/Kamboja selama 2 minggu tanggal 2 -16 November 2019 untuk mempelajari inisiatif social enterpreneurship di level internasional sehingga dapat menjadi acuan dalam mengembangkan inovasi sosial mereka di Indonesia.

Daftarkan dirimu di bit.ly/VolSDGPIPE2019 sebelum 31 Juli 2019!

Salam Hangat,

Konsorsium SDG PIPE 2019